PENGEMBANGAN BUKU ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONSELING BAGI PENYULUH KELUARGA BERENCANA PROVINSI SUMATERA SELATAN

Coline Asita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid, praktis dan efektif terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada BKKBN provinsi Sumatera Selatan dengan subjek penelitian yaitu Penyuluh Keluarga Berencana. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, tahap penulisan dan penyuntingan. Pada tahap penyuntingan menggunakan evaluasi Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan tes. Penelitian ini dinyatakan valid karena didapatkan melalui proses validasi dari para ahli yaitu ahli materi, desain dan desain pembelajaran. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, produk ini dinyatakan valid dan layak untuk diujicoba. Hasil kepraktisan yang didapat melalui uji satu satu dan uji kelompok kecil dengan nilai rerata 4,47 dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 46,0 dengan rata-rata hasil pretest sebesar 39,2 sedangkan hasil posttest sebesar 85,2 dengan perolehan N-gain sebesar 0,76 yang termasuk kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki nilai valid, praktis, dan efektif terhadap pembelajaran dan disarankan pada peneliti lain untuk dapat mengembangkan bahan ajar dan penelitian ini pada sektor terkait lainnya.

Keywords


Penelitian Pengembangan, Alat Bantu Pengambilan Keputusan Bagi Penyuluh KB, Konseling Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jip.v9i2.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index in: