Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Website Wizer.Me Pada Tema 2 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di Kelas V SDN 64 Palembang

Main Article Content

Rona Thifa Tsabitah
Makmum Raharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-LKPD interaktif berbasis website wizer.me pada tema 2 subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V SDN 64 Palembang mengenai prosedur pengembangan, kevalidan, respon guru dan respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah 1 orang guru dan 13 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi dan angket. Validasi dari ahli materi mendapatkan hasil persentase sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Validasi dari ahli desain mendapatkan hasil persentase sebesar 84% dengan kategori sangat valid. Angket respon peserta didik uji coba perorangan mendapatkan hasil persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil persentase sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Angket respon guru mendapatkan hasil persentase sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD interaktif berbasis website wizer.me ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Aqnez Sylvia, I. L., Purwati, Sriyami, Y., Rukiyem, Ambarwati, N., Mistriyanto, Natangku, M., Teguh, D., Budiyono, A., Mustika Wardani, R., David, Sarmi, Rajagukguk, M., Almunif, Junita, R., Lis Setianingrum, Y., Wandi, Ria Pratiwi, V., Kristiani, E., … Yunanti. (2021). Guru Hebat di Era Milenial (J. Ambarita (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dheni, P., & Damas, Y. (2020). Pemanfaataan Teknologi Pengembangan Pendadogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 190–191. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran (4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis) (A. Syaddad (ed.); 1st ed.). CV. Kaaffah Learning Center.

Elgamar. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar Pemrograman Website dengan PHP (N. Pangesti (ed.); 1st ed.). CV. Multimedia Edukasi.

Fatmawati, E., Yalida, A., Jonata, Efendi, D., Wahab, A., Nisa, R., Marlina, Riandy Agusta, A., Novitasari Kusumawardani, R., Ayu Pratiwi, D., Mustika, D., Yunita Rahma, E., & Dewanto, J. (2022). Pembelajaran Tematik (N. Saputra (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Hari Rayanto, Y., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek (T. Rokhmawan (ed.); 1st ed.). Lembaga Academic & Research Institute.

Ismail, & Farahsanti, I. (2021). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan (Andriyanto (ed.); 1st ed.). Penerbit Lakeisha.

Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. Proceedings Of The 1st Steeem 2019, 1(1), 238–243.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kopniak, N. B. (2018). the Use of Interactive Multimedia Worksheets At Higher Education Institutions. Information Technologies and Learning Tools, 63(1), 116. https://doi.org/10.33407/itlt.v63i1.1887

Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum (I. Mohtar (ed.); 1st ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Made Widia, I. D., & Ratih Asriningtias, S. (2021). Cara Cepat dan Praktis Membangun Web dengan PHP & MySQL. Universitas Brawijaya Press.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (2nd ed.). CV. AE Media Grafika.

Marhamah, M., & Mulyadi, M. (2020). The effect of using word wall picture media and linguistic intelligence to enhance learning outcomes of English vocabularies. Journal of Educational and Social Research, 10(2), 134–142. 10.36941/jesr-2020-0033

Mudrikah, S., Pahleviannur, R., Surur, M., Rahmah, N., Natalia Siahaan, M., Septi Wahyuni, F., Zakaria, Widyaningrum, R., Saputra, D., Butsi Prihatsari, E., Dwijayanti Ramadani, S., & Nurhayati, R. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah (Teori dan Implementasi) (D. Dyah Utami (ed.); 1st ed.). Pradina Pustaka.

Muthmainnah, Fatmawati, & Khairani, M. (2022). Pemanfaatan dan Pengembangan Media Pembelajaran. CV. Media Sains Indonesia.

Nana. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE2WE (1 (ed.)). Penerbit Lakeisha.

Nasution, E. A., Sumarsih, & Dewi, N. R. (2020). Developing Digital Worksheet by Using Wizer.me for Teaching Listening Skill to The Tenth Grade Students in SMK Negeri 7 Medan. TRANSFORM Journal of English Language Teaching and Learning of FBS UNIMED, 9(1), 1–12.

Noor Fatirul, A., & Adi Walujo, D. (2021). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran. Pascal Books.

Nur, F., & Masita. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Nas Media Pustaka.

Nurhidayati, S. (2019). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i4.995

Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD (Aflahah (ed.)). Duta Media Publishing.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu (1st ed.). Kencana (Prenadamedia Group).

Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759

Pulungan, M., Usman, N., Suratmi, S., Suganda M, V. A., & Harini, B. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 29–36. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11621

Purba, R., Tentrem Mawati, A., Yudhi Ardiana, D. P., & Maya Pramusita, S. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (A. Rikki (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Putri, V. A. R., & Indrawati, D. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bilangan Berpangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Berbantuan Wizer . me Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 9(10), 3542–3550.

Rahmadani, E., & Putri, F. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Menulis Deskriptive Text Menggunakan Media Wizer dalam Mempromosikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas 8 Di MTSN 2 Medan. Bahas, 32(1), 27. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i1.25442

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmat, A., Hamid Isa, A., Ismaniar, & Arbarini, M. (2021). Model Mitigasi Learning Loss Era COVID 19 Studi pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh (Alviana (ed.); 1st ed.). Penerbit Samudra Biru.

Ramadhani, R., Masrul, Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Janner Simarmata, S., Safitri, M., & Suhelayanti. (2020). Belajar dan Pembelajaran : Konsep dan Pengembangan (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Rosyana, T. (2021). Komponen Pembelajaran. Course Learning System IKIP Siliwangi; IKIP Siliwangi. https://cls.ikipsiliwangi.ac.id/blog/komponen-pembelajaran

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.

Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. JPTIV (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional ), 4(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti

Soekamto, H. (2020). Panduan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Sistem Pengelolaan Pembelajaran, February, 7.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran (1st ed.). Deepublish (CV Budi Utama).

Suciati, T. (2018). Meningkatkan Antusiasme Siswa Terhadap Kegiatan Belajar Dan Pembelajaran Di Kelas Melalui Program Literasi Membaca. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 314–326. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2303

Susiyanto, D. (2021). Merancang Lembar Kerja Siswa Interaktif Menggunakan Wizer.me (Y. Umaya (ed.); 1st ed.). Ahlimedia Press.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan (Mulyadi (ed.); 1st ed.).

Tambunan, H., Silitonga, M., & Basa Sidabutar, U. (2020). Blended Learning dengan Ragam Gaya Belajar (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen : Tingkatkan Hasil Belajar Siswa (Guepedia (ed.); 1st ed.). Guepedia The First On Publisher in Indonesia.

Usma Wardani, I. (2022). Belajar Matematika SD dengan Pendekatan Scientific Berbasis Keterampilan (A. Leonardo (ed.); 1st ed.). CV. Feniks Muda Sejahtera.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270.

Widiastuti, A., Rahelly, Y., & Sayfdaningsih, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bentuk-Bentuk Geometri Berbasis Cerita Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mazharul Iman Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 176–189.

Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Pada MAteri Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. UMM Institutional Repository.

Yondo, Y., & Raharjo, M. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Videoscribe Dan Kinemaster Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V Sd Negeri 02 ….

Yuliarty, R., & Raharjo, M. (2022). Pengembangan E-Lkpd Menggunakan Liveworksheet Pada Tema 3 Subtema 1 Kelas Iv Sdn 04 Palembang.

Yuniar, A. I. S., Putra, G. A., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nafi’ah, U. (2021). HITARI (Historical-archaeology Heritage Riddle): Pemanfaatan wordwall sebagai media ajar Indonesia zaman prasejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(11), 1182–1190. https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1182-1190

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). The development of scientific literacy based E-LKPD to train student’s critical thinking skills in growth and development materials. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2

Zulqarnain, Saifillah Al-Faruq, S., & Sukatin. (2022). Psikologi Pendidikan (Sukatin (ed.)). Deepublish (CV Budi Utama).