Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Power Director dan Plotagon Story Pada Buku Kelas III Tema 4 Subtema 3 di SDN 04 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis aplikasi power director dan plotagon story pada tema 4 subtema 3 di kelas III SDN 04 Palembang, dan juga bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan respon peserta didik terhadap kemenarikan video pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan empat tahap terdiri dari Analyze, Design, Development, dan Implementation. Peneliti melakukan validasi kepada ahli media, ahli materi dan ahli praktisi guru kelas III serta diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas III. Hasil penilaian validasi dari ahli media diperoleh nilai persentase 82,5% yang dikategorikan sangat valid. Hasil penilaian validasi dari ahli materi diperoleh nilai persentase 87,5% yang dikategorikan sangat valid. Hasil penilaian validasi dari ahli praktisi pembelajaran guru kelas III diperoleh nilai persentase 89,58% yang dikategorikan sangat valid. Uji coba lapangan, pada uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang peserta didik memperoleh nilai 98,75% dan uji coba kelompok besar terdiri dari 26 orang peserta didik memperoleh nilai 86,98% maka kemenarikan video pembelajaran pada kategori sangat menarik. Berdasarkan hasill penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak dan menarik digunakan sebagai media pembelajaran.
Article Details
References
Amrina, Mudinillah, A., & Ulya, F. (2021). Pemanfaatan aplikasi Benime untuk pembelajaran mufradat siswa Kelas 1 di MIN 1 Solok. Arabia Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 13(2): 191-212.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi powtoon pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Mate matika Kreatif-Inovatif. 10(1): 49-56.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fajarani, A., Hidayati, S., & Marjianto, A. (2021). Metode bercerita Flipaclip meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut di SDN Gubeng 3 Surabaya. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG). 2(1): 135-141.
Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1(1): 91-106.
Hikmawati, S. A. (2018). Pendekatan dan model model pengembangan kurikulum bahasa arab pada madrasah/sekolah di Indonesia. IHTIMAM Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1(2): 231-260.
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan bahan ajar IPS berbasis nilai budaya using untuk siswa sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) . 5(2): 817829. Ilmiani, A. M., Ahmadi, Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi
problematika pembelajaran bahasa arab. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya . 8(1): 17-32.
Karwono, & Mularsih, H. (2017). Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Depok: Rajawali Pers.
Maharani, A. D., &Toybah. (2021). Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada materi bangun datar di Kelas IV SD Negeri 05 Indralaya. Skripsi. Indralaya: FKIP Unsri.
Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Miarso, Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITR AH :Jurnal Kajian Ilmu -ilmu Keislaman. 3(2): 333-352.
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh media pembelajaran digital animasi dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2): 588-596.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. (2019). Pengembangan aplikasi kuesioner survey berbasis web menggunakan skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika. 5(2): 128-137.
Pratomo, Adi & Agus, Irawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal Positif. 1 (1): 14-28.
Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
Rahma, F. I. (2019). Media pembelajaran (Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak sekolah dasar). Jurnal Studi Islam. 14(2): 87-99.
Rahmadi, P. (2020). Pengembangan media video pembelajaran berbasis powerpoint pada pembelajaran tematik Kelas IV sekolah dasar. Skripsi.Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura.
Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K.(2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan video animasi guna meningkatkan penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK). 5(1): 35-44.
Riduwan. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sa’adah, Risa Nur & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R & D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Salama, F. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbentuk cerita animasi berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon pada sub pokok bahasan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Skripsi. Jember: FKIP Universitas Jember.
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran tematik berorientasi literasi saintifik. Jurnal Basicedu. 4(1): 51-69.
Shihab, N. (2021). Teknologi untuk masa depan hadir di pembelajaran masa kini. Jakarta: Lentera Hati.
Sholihatin, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi Plotagon pada siswa MA NU Petung Panceng Gresik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, (hal. 320-326).
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani. (2018). Perancangan aplikasi komik hadist berbasis multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi).2(2): 113- 121. Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sundari, & Fauziati, E. (2021). Implikasi teori belajar brunerdalam model pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. 3(2): 128-136
Thohir, M., Muslimah, K. C., & Musyafa'ah, N. (2021). Prelude aplikasi plotagon story untuk keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa arab sesuai KMA 183 tahun 2019. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam. 10(1): 1-12.