Pengembangan Media E-Book Cerita Bergambar Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawanku Kelas IV SD Negeri 18 Tanjung Raja
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-book cerita bergambar pada tema 5 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawanku kelas IV SD Negeri 18 Tanjung Raja dan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media e-book cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dari hasil penilaian validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 94% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat valid. Pada tahap implementasi uji coba dilakukan dengan 2 tahap, uji coba tahap 1 dilakukan kepada 3 orang peserta didik dan memperoleh nilai rata-rata 91% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba tahap 2 dilakukan kepada 12 orang peserta didik dan memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan bahwa media E-Book Cerita Bergambar yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.
Article Details
References
Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. 2(1): 1-11.
Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik). Tanggerang Selatan: Pascal Books.
Hermawan, R., Munadi, S., & Safitri, M. L. O. (2022). The Using of Students’ Modules and Role on Learning Achievement in Covid-19 Pandemic. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 139–155. https://doi.org/10.25217/ji.v7i1.2191
Hidayat, Heri, dkk. (2022). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. 8(2): 3.
Marvelia, R. H., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media E-Flipbook untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10(7). 1486-1487.
Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
Suganda M, V. A., Laihat., Harini, B., Safitri, M. L. O., Melati, S. P., Rahmadan, D., Hayati, S., Handrianto, C. (2023). Movable Page-Based Interactive Books on Numbers in Elementary Schools. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE). 5(2), 167-177. DOI: 10.23917/ijolae.v5i2.21705
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 15(2): 280-281.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tarigan, R. M. R. Br. (2019) Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: FKIP Universitas Quality.
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB dan KPK di Kelas V SD Plus IGM Palembang