Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon dan Inshot Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas V SDN 99 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Powtoon dan Inshot pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V SD Negeri 99 Palembang dan mendeskripsikan kevalidan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan menggunakan tahapan Analysis, Design, Development, dan Implementation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, lembar validasi dan angket respon. Hasil Penilaian validasi dari ahli media diperoleh nilai 95% dengan kategori sangat valid dan validasi dari ahli materi diperoleh nilai 75% dengan kategori valid. Rekapitulasi dari kedua validasi tersebut diperoleh nilai dengan rata-rata 85% dengan kategori sangat valid. Pada tahap implementasi, uji perorangan dilakukan dengan 2 orang peserta didik dan memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat baik. Pada tahap uji kelompok kecil dilakukan dengan 5 orang peserta didik diperoleh nilai 92% dengan kategori sangat baik. Pada tahap uji lapangan dilakukan dengan 26 orang peserta didik memperoleh nilai 96% dengan kategori sangat baik. pada tahap uji coba respon kepada guru wali kelas V.a diperoleh nilai 100%. Hasil rekapitulasi dari tahapan uji coba respon tersebut ialah sebesar 96% Dari hasil angket respon peserta didik yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi masuk ke dalam kategori sangat baik sebagai media pembelajaran.
Article Details
References
Amunnudin, F. H. (2020). Pelatihan Videografi dan Editing Video sebagai Sarana Pengembangan Media Informasi BKKBN Provinsi Jambi. FORTECH (Journal of Information Technology), 4(2), 46–52.
Andrianti, Y., Susanti, L. R. R., & Hudaidah. (2017). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 58–68. https://doi.org/10.36706/jc.v5i1.4802
Anggraini, M. D. (2021). pengembangan media video animasi kartun pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas iv sekolah sekolah dasar negeri 114 pekanbaru
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran (A. Rahman (ed.); 16th ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 85–96.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Bribin, M. A. (2021). pengembangan media video animasi berbasis animaker pada materi ciri-ciri dan klasifikasi makhluk hidup kelas vii skripsi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1), 263.
Dindha Amelia. (2020).pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan aplikasi powtoon dengan pendekatan konstektual Skripsi (Issue 1) [universitas islam negeri raden intan lampung].
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fitri, R. A., Noviana, E., & Fendrik, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar (Penelitian Pengembangan dengan Materi Volume Kubus dan Balok di SD IT Al-Fityah). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1–12.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Hadi, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara, 11(1), 90–105.
Handoko, A. (2021). pemanfaatan kinemaster sebagai aplikasi pembuatan iklan video bagi pengelola dan pendidik pkbm. Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 14–24. http://dx.doi.org/10.33376/jdes.v1i1.968
Hasan, A. A., & Bahoroh, U. (2019). pengembangan media pembelajaran bahasa arab melalui aplikasi videoscribe dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. lisanuna, 9(2), 140–155. http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738
Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59–67. https://doi.org/ 10.51878/edutech.v1i1.193
Holgate, B., & Chandler, P. (2017). Global Climate Change. 84.
Ikhwan, & wahyudi. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam. In Pusat Perbukuan Departemen pendidikan nasional (1st ed., Issue 1). sidunata.
Indah sari, D. N. (2021). pengembangan video animasi sebagai animasi pembelajaran tematik tingkat SD/MI.
Karo, I., & Rohani. (2018). manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal Uinsu, 7(1), 91–96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran Dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn Dan Hukum, 14(1), 152–173.
Kresnandya, T. F. (2020). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Konsep Vertebrata. Jurnal metaedukasi, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i1.1810
Kurniawan, M. I. (2017). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. pendagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.
Lirmiyati. (2017). upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe team asissted individualizatin (TAI) materi bentuk aljabar kelas VIIIC SMP N 1 donggo tahun pelajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 1–17.
Novita, J. (2021). pengembangan media pembelajaran ips sd materi globalisasi melalui video animasi pada siswa kelas VI SDN PELEM 2. Research Journal, 9(januari), 135–150. https://doi.org/10.31219/osf.io/dnyxm
Nurdyansyah. (2019). media pembelajaran inovatif (pandi Rais (ed.); 1st ed.). Umsida Press.
Pakpahan, A. F., Adriana, D. putu yudhi, Mawati, A. T., & Wagiu, E. B. (2020). Pengembangan Media pembelajaran (A. Karim & S. Purba (eds.)). Yayasan kita menulis.
Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
Puspasari, N., Fajriani, D. A., Rahmah, A. M., Yuniar, N. Y., & Adjie, N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Inshot pada Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di Sdn 03 Sungai Tarab. Indonesian Journal of Community Services in Engineering and Education, 1(1), 65–70.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Riduwan. (2011). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. alfabeta.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian. alfabeta.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). media pendidikan (S. Natakusumah (ed.); 16th ed.). PT. RajaGrafindo Persada.
Sanasky, A. H. (2009). Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.
Sardiman A.M. (2011). interaksi dan motivasi belajar mengajar (20th ed.). rajawali pers.
Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.
Schramn, W. (1984). Media Besar Media Kecil: Alat Teknik untuk Pendidikan. IKIP Semarang.
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian dan Pengembangan. Kencana.
Siang, J. L., Ibrahim, N., & Rusmono. (2017). Pengembangan Paket Modul Cetak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen SMP Negeri Tidore Kepulauan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 191–205. https://doi.org/10.21009/jtp.v19i3.6708
Sihombing, V., Gomal, ), & Yanris, J. (2020). Penerapan Aplikasi Dalam Mengolah Aset Desa (Studi Kasus : Kepenghuluan Sri Kayangan) 1). Terakreditasi DIKTI, 4(1), 12–15.
Siregar, H. F., & Siregar, Y. H. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. 2(2), 113–121. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425.
Siregar, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Addie Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada SMK PABA Binjai. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(1), 68–87. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3336
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Ruseell, J. D. (2012). Instructional Technology & Media for Learning : Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Kencana Prenada Media Gorup.
Suganda M, V. A., Laihat., Harini, B., Safitri, M. L. O., Melati, S. P., Rahmadan, D., Hayati, S., Handrianto, C. (2023). Movable Page-Based Interactive Books on Numbers in Elementary Schools. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE). 5(2), 167-177. DOI: 10.23917/ijolae.v5i2.21705
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (19th ed.). ALFABETA, CV.
sugiyono. (2015). metodelogi penelitian pendidikan. alfabeta.
Sukawati, R., Septiani, M., Suprayekti, & Suparto, S. (2017). Teknik Penulisan Modul Keterampilan Belajar Untuk Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 65. https://doi.org/10.21009/pip.281.8.
Sukiyasa, K., & sukoco. (2013). pengaruh media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivai Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomatif. Jurnal Pendidikan Vokasi Yogyakarta : Univ. Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.
Sularmi, & Wijayanti, M.(2009). SAINS (Ilmu Pengetahuan Alam). In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (1st ed.). pusat perbukuan departemen pendidikan nasional.
Sulisyanto, H., & Wiyono, E. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam (Untuk SD dan MI kelas IV). In R. Ginting (Ed.), Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents (1st ed., Issue maret). Pusat Perbukuan Departemen Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sutarti, T. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan (mulyadi (ed.); 1st ed.). DEEPUBLISH.
Suzana, Yenny, & Jayanto, I. (2021). Teori belajar dan pembelajaran (M. R. Aqli (ed.); 1st ed.). Literasi Nusantara.
Syam, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamidah, S., & Suharti, T. (2022). Belajar dan Pembelajaran (A. Karim & J. Simarmata (eds.); 1st ed.). Yayasan kita menulis.
Syukhria, R. (2021). Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1), 34–40. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i1.33749
Widyaningsih, N. (2021). Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan. In M. D. Komalasari (Ed.), UPY Press (1st ed.). UPY Press.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. 5. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2017). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8