Peningkatkan Hasil Belajar Pkn Melalui Media Visual Berdasarkan Gaya Belajar Visual Pada Kurikulum Merdeka
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik melalui media visual pada kurikulum merdeka. Berdasarkan data hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn pada prasiklus diketahui bahwa hasil belajar peserta didik yang berada di atas KKM yaitu 75 sebanyak 7 peserta didik Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa 80% peserta didik memiliki gaya belajar visual dan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang hanya berdasarkan buku teks, dan tidak berbantuan media lain. Sehingga perlu diberikan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik yaitu gaya belajar visual dengan menggunakan media visual. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Pelaksanaan PTK Kolaboratif ini dilaksanakan dengan guru pamong, guru kelas dan peneliti (mahasiswa). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2023 di SDN 148 Palembang. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 33 peserta didik kelas II (dua). Hasil penelitian ini di dapatkan hasil belajar mata pelajaran PKn dengan nilai pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 66% dengan jumlah 22 peserta didik yang sudah memenuhi nilai KKM. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan dengan beberapa catatan perbaikan dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan presentase nilai 84% dengan jumlah 28 peserta didik yang sudah memenuhi nilai KKM sehingga penelitian sudah memenuhi standar keberhasilan penelitian yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian ini diselesaikan pada siklus II. Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn Kurikulum Merdeka.
Article Details
References
Ahmad, H. (2022). Pengaruh Media Visual Terhadap Sikap Kemandirian Siswa SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1508–1514. https://doi.org/10.33394/REALITA.V7I1.5059
Asriani, A., Pahriadi, P., & Sinta, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V6I1.3939
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285. https://doi.org/10.23887/JET.V3I4.22364
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0 . KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hartati, H. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual. Journal of Education Action Research, 5(1), 102–108. https://doi.org/10.23887/JEAR.V5I1.31101
Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 650–660. https://doi.org/10.35568/NATURALISTIC.V5I1.884
Mariyam, L. S. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Tentang Arti Surat Al-Kafirun dengan Menggunakan Metode Make a Match. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3455–3461. https://doi.org/10.54371/JIIP.V6I5.2050
Mayasari, A., Pujasari, W., Arifudin, O., Sabili, S., & Kunci, K. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/JT.V2I2.303
Novitasari, Y. S., Adrian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 136–147. https://doi.org/10.33365/JTSI.V2I3.879
Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.32939/EJRPM.V2I2.406
Rahmat, R., Sumantri, D. S., Syarifuddin, & Rahmaniyah. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS I SMA Negeri 9 Pangkep. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 188–192. https://doi.org/10.32734/ST.V2I2.532
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 95–107. https://doi.org/10.35706/SJME.V3I2.1897
Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121–125. https://doi.org/10.33394/JP.V7I2.2505
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.29100/JR.V5I1.1021
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 187–200. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41. https://doi.org/10.20527/KEWARGANEGARAAN.V10I2.9304
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037