Environmental Analysis at State Elementary School 148 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 148 Palembang. Penelitian ini mengukur seluruh ranah lingkungan belajar yang ada di sekolah, yaitu: lingkungan sekolah, lingkungan guru dan lingkungan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripkan situasi lingkungan belajar yang ada di Sekolah Dasar Negeri 148 Palembang. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berupa item indikator lingkungan belajar yang telah disiapkan peneliti. Hasil dari penelitian lingkungan sekolah menunjukkan kepala sekolah selaku kepala satuan pendidik sudah memenuhi kriteria kepemimpinan instruksional. Pendampingan terhadap guru dalam menjalankan kewajibannya memberikan arahan pembuatan RPP dan pelatihan yang dibutuhkan, selain itu kepala sekolah juga mengomunikasikan misi sekolah, mengkoordinir kurikulum, dan melakukan supervisi terhadap guru dengan tujuan perbaikan dan meningkatkan kualitas yang dimiliki sekolah. Pada lingkungan guru, sudah terjalannya sikap saling menghargai pendapat meskipun terdapat perbedaan usia namun tidak adanya sikap senioritas didalamnya sehingga interaksi tersebut memiliki dampak dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan berbagi pengalaman sesama rekan guru kualitas pembelajaran akan dapat terus ditingkatkan. Pada lingkungan peserta didik, meskipun banyak yang memiliki latar belakang kondisi yang berbeda-beda namun dengan adanya bimbingan guru, peserta didik dapat memahami bahwa toleramsi terhadap perbedaan dapat dilakukan sehingga terciptanya atmosfer proses pembelajaran yang sehat di kelas.
Article Details
References
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Anita, Sri, & Noorhadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Baidowi, Ahmad. 2005. Tafsir Feminis: Kajian Perempuan dalam Al-Qur’an dan Para Mufasir Kontemporer. Bandung: Nuansa.
Baistih, Larasita Nur. 2017. Skripsi. Analisis Lingkungan Sekolah dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Brown, H. D. (2004). Language assessment, principle and classroom practice. Longman.
Bush, T. (2011). Theories of Educational Leadership and Management. 4th Edition.London: Sage Publications, Ltd.
Bogdan, Robert C. & Sari Knopp Biklen, Qualitatif Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, Inc.1982.
Creemers, B, Peter, & ReynoldsD. 1989. School Effectiveness and school improvement. Lisse, The Netherland: Swets & Zeitlinger
Hamidah, Siti. 2014. Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 2.
Harris, A. 2014. Distributed Leadership Matter Perspectives, Practicalities, and Potentials. Thousand Oaks, California: Corwin Sage Company.
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hidayat, R. & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Kadir, Abdul. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Marwan, Didi. 2013. Artikel. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SMK. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.
Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–108.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50. https://doi.org/10.33654/JPL.V17I1.1803
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33387/DPI.V9I2.2299
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V8I1.11137
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi di Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37. https://doi.org/10.26740/EDS.V3N2.P31-37
Safitri, M. L. O., Fathurohman, A., & Hermawan, R. (2023). Teacher’s Perception of the Profile of Pancasila Students in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 75–88. https://doi.org/10.24036/JIPPSD.V7I1.122118
Safitri, M. L. O., Mustadi, A., & Retnawati, H. (2021). The The Role of Teachers in Implementation Social Care Education Character at Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1315
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan: Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Smith, C.S., & Piele, P.K. 2012. School Leadership: Handbook for Excellent in Student Learning. Fourth Edition. Thousand Oak, California: Corwin Press.
Supardi, I, 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Penerbit PT. Alumni Bandung.
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.
Yamin, Martinis.(2011).Paradigma baru pembelajaran. Jambi. Gaung persada.
Yarmayani, A. & Afrila, D. 2017. Analisis Faktor Lingkungan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. hlm 136-137. Jambi: Universitas Batang Hari.