Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD N 3 Bancarkembar melalui Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Gamifikasi Materi Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan

Main Article Content

Anang Fathoni
Yulia Triastuti
Subuh Anggoro
Ana Andriani

Abstract

IPA menjadi salah satu materi yang sangat berpengaruh bagi perkembangan inovasi dan invensi di dunia. Walaupun demikian, di dunia pendidikan dasar, IPA masih dipandang sebagai salah satu materi yang sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD N 3 Bancarkembar pada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan melalui model pembelajaran problem based learning terintegrasi gamifikasi. Penelitian ini masuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian merupakan siswa kelas VI-A dengan jumlah 21 siswa. Data dikumpulkan melalui tes berbentuk pilihan ganda dan non-tes dalam bentuk skala motivasi belajar. Data selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dan motivasi belajar pada masing-masing siklusnya. Presentase ketuntasan prestasi belajar prasiklus sebesar 19.05% dengan nilai rata-rata 51,19, siklus 1 sebesar  38,10% dengan nilai rata-rata 69,52, dan siklus 2 sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata 89,05. Selanjutnya, motivasi belajar pada siklus 1 mendapatkan poin 2,85 dengan kategori baik, dan siklus 2 mendapat 3,05 dengan kategori sangat baik. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model problem based learning terintegrasi gamifikasi mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan di kelas VI SD N 3 Bancarkembar.

Article Details

Section
Articles

References

Alawiyin, E. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 1(2), 400–417. https://doi.org/10.28926/jprp.v1i2.154

Ares, A. M., Bernal, J., Nozal, M. J., Sánchez, F. J., & Bernal, J. (2018). Results of the use of Kahoot! gamification tool in a course of Chemistry. Proceedings of the 4th International Conference on Higher Education Advances (HEAd’18), 1215–1222. https://doi.org/10.4995/HEAD18.2018.8179

Arifah, M. S., Wahyuti, S., Sadeli, E. H., & Fathoni, A. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pa Cimakh untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Sumampir pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 192–203. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.49

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 108–122.

Bahagia, P. J. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Suci 01 Jember (Tahun Pelajaran 2016-2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30651/else.v1i1.887

Barata, G., Gama, S., Jorge, J., & Gonçalves, D. (2018). Improving participation and learning with gamification. Proceedings of the First International Conference on Gameful Design, Research, and Applications, 10–17.

Dewi, C. A., Sayekti, I. C., & Khanifah, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metuk. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 211–219.

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021a). Higher Education Students and Covid-19: Challenges and Strategies in facing Online Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 396–408. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31039

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021b). Persepsi mahasiswa PGSD pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 107–123. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p107--123

Fathoni, A., & Retnawati, H. (2021). Challenges and strategies of postgraduate students in online learning during the Covid-19 pandemic. Jurnal Prima Edukasia, 9(2), 233–247. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.37393

Fathoni, A., & Safitri, M. L. O. (2022). Sudut Pandang Mahasiswa PGSD terhadap Gamifikasi menggunakan Quizizz dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar: Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(2), 96–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36706/jisd.v9i2.18843

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (1), 2023, 1-13

Copyright © 2023, Jurnal Inovasi Pendidikan, P-ISSN : 2685-3507 | E-ISSN : 2087-9903

Iswara, S. N. W., Wahyudi, & Kusuma, D. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 SUBTEMA 2 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 388–396. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2268

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Deakin University Press.

Khoir, A. (2008). Kesulitan belajar sains: Studi Pada Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Jatimulya Kabupaten Bekas. Turats, 4, 1–21.

Khusna, M., & Dian, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Siswa kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. Jurnal Malysian Palm Oil Council, 21(1), 1–9.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawati Pers.

Kustiyani, L. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Journal of Educational Action Research, 5(3), 432–439. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.37472

Mardapi, D. (2008). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.

Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penleitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 56–61.

Negara, I. P. A. S., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 403–413. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.38185

Noviati, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27.

Rachmadani, R., Rezkita, S., & Susanti, T. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGWARU. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 350–356. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/364

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Suherman, S. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57

Sunarya, P. A., Rahardja, U., Aini, Q., & Khoirunisa, A. (2019). Implementasi Gamification Sebagai Manajemen Pendidikan untuk Motivasi Pembelajaran. EDUTECH, 18(1), 79. https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14697

Sutarno, N. (2008). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Universitas Terbuka.

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 49–55. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676

Yasmini, I. G. K. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 159–164. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33603

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.