Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Teams Games Tournament untuk Peserta Didik Kelas 4 SD Matematika Pengukuran Luas
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4B SDN 004 Palembang pada mata pelajaran matematika materi pengukuran luas menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Konsep dalam model pembelajaran ini adalah peserta didik bertanding mewakili anggota timnya dengan anggota dari tim lain yang memiliki kemampuan yang setara dalam bidang akademik yang berdasarkan pada kinerja sebelumnya (Rokhimah, 2019). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data interaktif. Teknik analisis data interaktif ini meliputi tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan tahap akhir adalah penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada bulan April tahun 2024 dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV B SDN 004 Palembang yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket, tes dan melalui pengamatan (observasi). Hasil belajar dengan persentase 34% pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 74%. Kemudian pada siklus I aktivitas belajar peserta didik berada pada 55,36% dan mengalami peningkatan sebesar 76,07%. Dengan demikian secara klasikal pembelajaran matematika pada materi pengukuran luas dikategorikan berhasil dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Pemanfaatan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar dari peserta didik.
Rincian Artikel
Referensi
Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 243-252.
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta: Research and Development Journal of Education.
Rokhimah, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan pada Peserta Didik Kelas VI A SD Negeri Kasreman melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) di Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(4), 251-259.
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24-37.
Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 184-194.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.