Analisis Validitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Isi Artikel Utama
Abstrak
Validitas merupakan hal penting yang digunakan sebagai alat evaluasi. dalam evaluasi dilakukan kegiatan pengumpulan data, mendeskripsikan, menginterprestasikan, serta menyajikan informasi tentang suatu program sehingga keberhasilan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan dapat mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan butir soal soal penilaian akhir semester mata pelajaran pendidikan agama Islam Pada penelitian ini di gunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan lembaran jawaban siswa sebagai data. Selanjutnya data tersebut di analisis validitas. Populasi penelitian ini adalah nilai evaluasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2024/2025. Sedangkan yang menjadi sampel adalah lembaran jawaban siswa yang penulis ambil dari 15 orang siswa yang mengikuti ujian. Soal tes berupa 10 pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa dari butir soal yang telah dilakukan analisis validitas terhadap 10 soal pilihan ganda dengan jumlah siswa 15 orang, didapatkan hasil bahwa terdapat 4 butir soal yang dinyatakan valid, sedangkan 6 soal lagi dinyatakan tidak valid. Nilai tersebut didapatkan setelah dibandingkan antara r hitung dengan r tabel.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis butir soal tes kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di kota Yogyakarta tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Muf’idah, L. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Jurnal Buana Pendidikan, 18(1), 49–60.
Guru, K. (2013). Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Dimiyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri, Drs dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta: Jakarta. Universitas.
Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. Prosiding Snast, 155–160.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan.
Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis kualitas soal ujian matematika semester genap kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37–47.
Saputera, A. A. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Gorontalo. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 41–60.
Septiana, N. (2016). Analisis butir soal ulangan akhir semester (UAS) biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI pada MAN Sampit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).
Utomo, B. (2022). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).