PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PLOTAGON DALAM MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X

Isi Artikel Utama

Erica Anitasya
Husnul Fatihah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran plotagon dalam meningkatkan bernalar kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMAN 2 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dala penelitian ini seluruh kelas X dengan jumlah 267 peserta didik, dengan sampel penelitian kelas X.4 dan X.5 yang berjumlah 64 peserta didik diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket skala likert, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran plotagon berpengaruh dalam meningkatkan bernalar kritis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 29 didapatkan nilai signifikan sebesar 0,00 dengan nilai (α) sebesar 0,05. Dengan demikian hasil yang diperoleh adalah sig. 0,00 < 0,05 maka Keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran plotagon dalam meningkatkan bernalar kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMAN 2 Prabumulih.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ailulia, dkk. (2022). Analisis penerapan media video pembelajaran menggunakan aplikasi plotagon terhadap pemahaman konsep bangun data kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47-56

Cahyani, N.M.D., dkk. (2022). Pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Melaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiskha, 12(4), 417-426

Destiana, Tanti (2019). Penggunaan aplikasi media animasi tiga dimensi untuk meningkatkan.kemampuan bernalar kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi sel.

Ismauza D. (2013). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis matematis untuk siswa SMP . Prosiding seminar nasional sains dan matematika jurusan pendidikan MIPA FMIPA UNTAD. Palu.

Kemendikbud. (n.d.). Salinan Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar . 44-46.

Ermayanti, Adam. Y. (2020). Measuring biology educations student critical thinking skill using online system. Jurnal of physics : conference series , 1480 (1).

Fatihah, Husnul, dkk (2022). Pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK bagi guru dalam MGMP PPKn SMP.

Mardhiyah, d. (2021). Pentingnya Ketrampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan , 33.

Mufidah, A.,Agustina (2023). DE ASIGION (DIGITAL PLOTAGON ANIMATIONVIDEO) AS A MIDDLE SCIENCE LEARNING MEDIA TO AVOID SDGS 2030. INSECTA : Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 4(1)

Munandar, H. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 111-120.

Mustaqim , I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elekro, 1(1)

M.Ridho, dkk (2021). Pengaruh penggunaan media animasi dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan bernalar kritis siswa pada materi sistem pencernaan makanan manusia SMA Swasta Hang Tuah Belawan

Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1)

Purwanto & Meinarsih, Y. (2018). Animasi Pembelajaran Biologi Untuk Kelas X SMA Berbasis Multimedia. Smart Comp : Jurnalnya Orang Pintar Komputer 7(2), 281-285.

Putra, R.W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi

Rakhmat, N.U.(n.d) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS TEMA BUMIKU MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS PLOTAGON.

Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi (Vol.1). Rinda Fauzian

Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi : analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76

Sukiyasa, K. &. Sukoco (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. jurnal pendidikan vokasi , Vol 3.

Uribe Enciso, O. L. (2017). Critical thinking and its importance in education : Some Reflections . Rastros Rostros, 78-88.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.