of, on, at INFLUENCE OF TECHNOLOGY USE ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) ON STUDENTS' LEARNING AT XAVERIUS 1 SMA PALEMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
AI adalah teknologi baru yang tidak bisa kita hindari. Sehingga kita perlu menyadari bahwa AI dapat menjadi dua sisi koin. Di satu sisi, AI berpotensi untuk mempermudah kehidupan manusia. Teknologi AI dapat meningkatkan efisiensi dalam pembelajaran dengan menyediakan alat-alat pembelajaran adaptif dan personalisasi, yang memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan individu mereka. Implementasi teknologi AI dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, dinamis, dan menarik, seperti pembelajaran berbasis game atau simulasi. Teknologi AI dapat membantu dalam menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih visual dan mudah dipahami, serta memberikan umpan balik secara instan kepada peserta didik, yang dapat meningkatkan pemahaman konsep.
Namun, Implementasi teknologi AI dalam pembelajaran juga menimbulkan beberapa tantangan, seperti aksesibilitas teknologi, perlindungan data pribadi, plagiarisme, dan keadilan dalam akses dan penggunaan teknologi tersebut. AI juga menyimpan ancaman khususnya berkaitan dengan etika. Ketika kebebasan informasi dan konten dibuka seluas-luasnya, di saat bersamaan ada ancaman hak cipta terhadap kekayaan intelektual yang bebas.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Diantama, Suarifqi (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1, No. 1, Hal. 8 -14. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/dewantech.
Fenton, Adam James. (2023, March 21). Ukraine: How Uncrewed Boats Are Changing The Way Wars Are Fought at Sea. The Conversation. https://theconversation.com/ukraine-how-uncrewed-boats-are-changing-the-way-wa rs-are-fought-at-sea-201606.
Firdhausi, Azmi (2023). Etika Digital dalam Artificial Intellegence. https://www.researchgate.net/publication/369595701.
Gema, Ari Juliano. (2022). Masalah Penggunaan Ciptaan sebagai Data Masukan dalam Pengembangan Artificial Intelligence di Indonesia. Technology and Economics Law Journal 1:1, Art. 1. https://scholarhub.ui.ac.id/telj/vol1/iss1/1.
Griffith, Terri L. (2023, February 15). Why Using AI Tools Like ChatGPT in My MBA Innovation Course Is Expected and Not Cheating. The Conversation. https://theconversation.com/why-using-ai-tools-like-chatgpt-in-my-mba-innovation-c ourse-is-expected-and-not-cheating-198957.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode metode baru. Penerbit Universitas Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=298242.
Openai. (2023). Introducing ChatGPT. https://openai.com/blog/chatgpt.
Sample, Ian. (2023, January 26). Science Journals Ban Listing of Chat GPT as Co-Author on Papers. The Guardian. https://www.theguardian.com/science/2023/jan/26/science-journals-ban.
Setiyawan, Iwan. (2023, March 6). Hak Cipta dan Kebebasan Berkarya di AI. Kompas. https://www.kompas.id/baca/foto/2023/03/04/hak-cipta-dan-kebebasan-berkarya-di-a i.
Volante, Louis, Christopher DeLuca & Don A. Klinger. (2023, February 27). ChatGPT and Cheating: 5 Ways to Change How Students Are Graded. The Conversation. https://theconversation.com/chatgpt-and-cheating-5-ways-to-change-how-students-a re-graded-200248.