SUDUT PANDANG MAHASISWA PROFESI GURU TERHADAP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATGPT DI DUNIA PENDIDIKAN

Isi Artikel Utama

Anang Fathoni
Tri Makno Hartanto
Ana Andriani
Mazda Leva Okta Safitri

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan pada sektor pendidikan. Salah satu inovasi terkini yang muncul yaitu hadirnya ChatGPT. ChatGPT hadir membawakan akselerasi tersendiri dalam dunia kepenulisan digital dan pembelajaran digital. Walaupun demikian, masih terdapat ambivalensi dan dampak positif negatif terhadap kemunculan ChatGPT di dunia pendidikan. Studi penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplorasi sudut pandang mahasiswa profesi keguruan terhadap penggunaan kecerdasan buatan ChatGPT di dunia pendidikan; (2) mendeskripsikan dampak kemunculan ChatGPT di dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka dengan partisipan berjumlah 17 mahasiswa program profesi guru di Universitas Negeri Yogyakarta. Analisis dilakukan dengan mencari tema dan sub-tema di setiap topik yang dibahas, kemudian menentukan hubungan antar sub-tema untuk mendapatkan sebuah simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ChatGPT membantu dalam mencari ide atau inspirasi, mempersingkat waktu pengerjaan dengan variasi jawaban, dan membantu menjawab pertanyaan yang rumit; (2) Dampak penggunaan ChatGPT yaitu memberikan kemudahan namun kemalasan dalam informasi yang relevan dari sumber primer dan sekunder, menyebabkan ketergantungan berlebih pada penggunaannya, dan resiko validitas informasi yang kurang terhadap penelitian atau penemuan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alves de Castro, C. (2023). A Discussion about the Impact of ChatGPT in Education: Benefits and Concerns. Journal of Business Theory and Practice, 11(2), p28. https://doi.org/10.22158/jbtp.v11n2p28

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education: An introduction to theory and methods (Third Edit). Allyn and Bacon.

Cooper, G. (2023). Examining Science Education in ChatGPT: An Exploratory Study of Generative Artificial Intelligence. Journal of Science Education and Technology, 32(3), 444–452. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10039-y

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Persepsi mahasiswa PGSD pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 107–123. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p107--123

Fathoni, A., & Retnawati, H. (2021). Challenges and strategies of postgraduate students in online learning during the Covid-19 pandemic. Jurnal Prima Edukasia, 9(2), 233–247. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.37393

Fathoni, A., & Safitri, M. L. O. (2022). Sudut Pandang Mahasiswa PGSD terhadap Gamifikasi menggunakan Quizizz dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar: Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(2), 96–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36706/jisd.v9i2.18843

Fathoni, A., Surjono, H. D., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Peran multimedia interaktif bagi keberhasilan pembelajaran sistem peredaran darah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.33931

Fauzi, Tuhuteru, L., Sampe, F., Ausat, A. M. A., & Hatta, H. R. (2023). Analysing the Role of ChatGPT in Improving Student Productivity in Higher Education. Journal on Education, 5(4), 14886–14891.

Firat, M. (2023). What ChatGPT means for universities: Perceptions of scholars and students. Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.22

Gaol, M. L., & Manalu, T. (2024). Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran: Persepsi Mahasiswa. In Search, 22(1), 254–259. https://doi.org/10.37278/insearch.v22i1.821

Manu, G. A., Enstein, J., Fallo, D. Y. ., Benufinit, Y. A., Sogen, M. M. B., & Taku Neno, K. J. (2023). Pendidikan dan Kecerdasan Buatan: Workshop Penerapan Chat GPT dan Text to Speech Prosa.ai untuk Meningkatkan Keterampilan Dosen di Nusa Tenggara Timur. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(2), 16–21. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i2.986

Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat. (2023). Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 58–66.

Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 54–67.

Nailus, S., & Hasanudin, C. (2023). Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Seminar Nasional Daring Sinergi, 593–604.

Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759

Ramadhanty, E., Hermanto, H., & Fathoni, A. (2023). Primary School Teachers Perceptions toward Urgency of Interpersonal Relationships in Primary Schools. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 544–559. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202330

Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 4(1), 49–58.

Suganda M, V. A., Laihat, L., Harini, B., Safitri, M. L. O., Melati, S. P., Rahmadan, D., Hayati, S., & Handrianto, C. (2023). Movable Page-Based Interactive Books on Numbers in Elementary Schools. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 167–177. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I2.21705

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Suryono, M. N. R. N., Bhagaskara, R. E., Pratama, M. A., & Pratama, A. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Produktivitas Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 364–373. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.511

Susnjak, T. (2022). ChatGPT: The end of online exam integrity? ArXiv Preprint ArXiv:2212.09292, 1–21.

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.